Presatasi Kerja
Pengertian Presatasi Kerja
Menurut
(Hasibuan,2008 :64) menyatakan bahwa “Prestasi kerja adalah Suatu hasil kerja
yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas–tugas yang dibebankan kepadanya
yang didasarkan atas kecakapan , pengalaman, dan kesungguhan serta waktu.
Selanjutnya (Rivai ,2004: 309) mengatakan bahwa Prestasi Kerja merupakan suatu
fungsi dari motivasi dan kemampuan. Berdasarkan beberapa pendapat di atas,
dapat disimpulkan bahwa prestasi kerja pegawai merupakan hasil yang dicapai
pegawai dalam pelaksanaan suatu pekerjaan yang diberikan kepadanya baik secara
kuantitas maupun kualitas melalui prosedur yang berfokus pada tujuan yang
hendak dicapai serta dengan terpenuhinya standard pelaksanaan.
Tujuan dan Manfaat Penilaiaan Prestasi Kerja
Tujuan penilaian prestasi kerja
pegawai terdiri dari dua tujuan yaitu : Tujuan pokok penilaian prestasi kerja
adalah menghasilkan informasi yang akurat tentang perilaku dan evaluasi kerja
anggota organiasasi. Sedangkan tujuan khususnya, yaitu sebagai alat evaluasi
dan pengembangan.
Obyek dan Metode - Metode Penilain Kinerja
Objek Penilaian Prestasi Kerja
Objek
penilaian adalah perusahaan yang dapat dikendalikan oleh karyawan yang bersangkutan. Penentuan objek penilaian tentu saja
tidak akan mencakup semua objek yang ada. Hanya
faktor
utama saja yang perlu, berulang, penting
dan bersifat strategis yang pantas dijadikan objek penilaian. Objek penilaian harus sinkron dengan
tujuan peniaianoleh karena itu, penilai harus benar benar mampu merencanakan
dan melaksanakan suatu penilaian objekktif. Objek
penilaian karyawan itu mencakup dua hal pokok yaitu hasil pekerjaan (prestasi
kerja) dan sifat sifat pribadi .
Metode – Metode Penilaian Kerja
a. Metode
penilaian umpan balik 360-derajat
b. Metode
skala penilaian
c. Metode
insiden kritis
d. Metode
essai
e. Metode
standar kerja
f.
Metode peringkat
g. Metode
distribusi dipaksakan
h. Metode
skala penilaian berjangkar keperilakuan
Unsur Unsur Yang Dinilai Dalam Penilaian Prestasi
Kerja
Berikut
ini unsur-unsur dasar dalam penilaian prestasi kerja. MenurutMalayu S.P
Hasibuan (2001:104) antara lain :
1. Kesetiaan
Penilai menilai kesetiaan pekerjaan terhadap pekerjaannya, jabatan dan organisasi. Kesetiaan
ini dicerminkan oleh kesediaan karyawan menjagadan membela organisasi didalan
maupun di luar pekerjaan.
2. Prestasi
Kerja penilai menilai hasil kerja baik kualitas maupun kuantitas yang
dapatdihasilkan oleh karyawan dari uraian pekerjaannya.
3. Kejujuran
Penilai menilai kejujuran dan melaksanakan tugas-tugasnya
memenuhiperjanjian baik bagi dirinya maupun terhadap orang lain.
4. Kedisplinan
Penilai menilai kedisiplinan karyawan dalam mematuhi peraturan-peraturan
yang ada dan mengerjakan pekerjaannya sesuai dengan intruksi yang
diberikan kepadanya.
5. Kreativitas
Penilai menilai kemampuan karyawan dalam mengembangkan kreatifitasnya
untuk menyelesaikan pekerjaannya, sehingga bekerja lebih berdaya dan berhasil
guna.
6. Kerjasama
Penilai menilai terhadap partisifasi dan kerjasama dengan karyawan lainnya
baik vertikal maupun horizontal didalam maupun diluar pekerjaan.
7. Kepemimpinan
Penilai menilai kemampuan untuk memimpin, mempengaruhi dan mempunyai
pribadi yang kuat, dihormati, berwibawa dan dapat memotivasi
orang lain.
8. Kepribadian
Penilai menilai sikap perilaku, kesopanan periang, disukai, memberi kesan
menyenangkan, memperhatikan sikap yang baik dan penampilan yang
simpatik serta wajar dari karyawan tersebut.
9. Prakarsa
Penilai
menilai kemampuan berfikir berdasarkan inisiatif sendiri
untuk menganalisis, menilai, menciptakan, memberikan alasan, mendapatkan kesimpulan, dan membuat keputusan
masalah yang dihadapinya.
10. Tanggung
Jawab
Penilai menilai kesediaan karyawan
dalam mempertanggung jawabkan kebijaksanaannya, pekerjaan dan hasil kerjanya,
sarana dan prasarana yang dipergunakan.
Komentar
Posting Komentar